Delapan (8) Cara Smart taklukkan UASBN/UNAS 2009

  1. Berpikir Positif (PositiveThinking)
    Untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi, kata kunci yang harus kamu pegang adalah “Berpikir positif mulai daridiri sendiri”. Selalulah berpikir bahwa kamu pandai, bahwa kamu akan sukses ujian dengan nilai yang sangat baik, bahwa kamu adalah sang juara yang memiliki kemampuan luar biasa. Inilah modal utama sebuah kesuksesan.
  2. Pupuk Semangat Optimisme
    Kegagalan dalam ujian jangan dijadikan momok.  Cobalah belajar dengan tekun, teratur dan disiplin. Jangan takut gagal dalam mencoba, jangan takut salah dalam belajar. Kalau gagal atau salah dalam belajar, coba lagi dengan cara yang lain.
  3. Bangkitkan Motivasi Belajar
    Mendapatkan nilai yang tinggi dalam UASBN/UNAS 2009 dan diterima di sekolah/perguruan tinggi favorit adalah target belajarmu.
    Jadikanlah target belajarmu ini menjadi tantangan bagimu dan kamu harus mampu menghadapi tantangan tersebut. Jadikan tantangan tersebut sebagai motivasi belajarmu, kamu harus berani yakin bahwa kamu bisa,bahwa kamu adalah sang juara.
  4. Bermental Juara
    Kalau kamu ingin menjadi juara, kamu harus memiliki kebiasaan sebagai seorang juara. Jangan kamu berharap bisa menjadi pemenang kalau kamu masih memiliki kebiasaan sebagai pecundang. Sukses harus diperjuangkan, dan dalam perjuangan butuh kesungguhan.
  5. Pelajari Karakter Soal-Soal UASBN/UNAS periode sebelumnya.
    Rujukan untuk menyusun soal-soal UASBN/UNAS adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Untuk menyusun soal-soal UASBN/UNAS, SKL ini dijabarkan dalam indikator Lulusan dan Kisi-kisi UASBN/UNAS Pelajari kisi-kisi UASBN/UNAS ini,karena didalamnya digambarkan tentang pembobotan dan distribusi soal untuk setiap ruang lingkup materi yang diujikan.
  6. Banyak Berlatih Mengerjakan Latihan Soal
    Persiapan kamu menghadapi UASBN/UNAS akan semakin efektif apabila kamu banyak latihan mengerjakan soal-soal yang bertipologi seperti UASBN/UNAS. Banyak latihan mengerjakan soal akan membiasakan kamu dengan bentuk-bentuk soal yang akan keluar dalam ujian.
  7. Cari Pendamping Belajar Berpengalaman dan Kompeten
    Metode belajarmu akan semakin efektif apabila kamu memiliki pendamping belajar yang dapat dijadikan sebagai mitra belajar untuk memecahkan persoalan-persoalan psikologis dan akademis.
  8. Tips dan Trik Menghadapi Ujian
    Tujuan akhir dari langkah Smart Sukses UASBN/UNAS adalah sukses menghadapi ujian dengan nilai sangat memuaskan.

Berikut ini adalah Tips dan Trik menghadapi Ujian:

  • Persiapan Menjelang Ujian : (1). Pada saat menjelang ujian berpikirlah yang rileks, tenang dan jernih untuk menghindari kecemasan dan ketegangan. (2). Jaga kesehatan dan persiapkanlah fisik kamu dengan makan yang cukup agar kamu dapat konsentrasi. (3). Persiapkanlah pensil, penghapus dan segala peralatan yang dibutuhkan untuk ujian dengan baik. (4). Datanglah ke ruang ujian 15 menit sebelum ujian dimulai.
  • Saat Proses Ujian Berlangsung : (1). Berdo’alah sebelum membuka naskah soal ujian, karena segala kekuatan dan keberhasilan semata-mata datang dari sang pencipta. (2). Tulislah nama dan nomor ujian kamu dengan jelas pada kolom yang telah disediakan pada lembar jawaban. (3). Periksalah semua halaman naskah ujian dan bacalah petunjuk dengan teliti. (4). Bacalah soal-soal ujian dengan seksama dan pahami betul apa inti persoalan yang ditanyakan. Kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu. (5). Terapkan strategi Smart (cermat, cerdas dan cepat) dalam menjawab soal-soal ujian agar alokasi waktu yang disediakan dapat dimanfaatkan secara optimal. (6). Pindahkan jawaban kamu pada lembar jawaban secara bertahap untuk soal-soal yang telah berhasil dikerjakan dengan baik. (7). Apabila kamu dapat menyelesaikan seluruh soal ujian sebelum waktu habis, maka pergunakan waktu yang tersisa untuk memeriksa kembali jawaban-jawaban yang sudah ditulis. (8). Periksa kembali nama dan nomor ujian kamu sebelum lembar jawaban diserahkan kepada panitia ujian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: